Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid
Oleh: Eko Budiyono
CGP Angkatan 7 Kabupaten Grobogan
Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP dapat mengembangkan ide dari ruang kolaborasi menjadi sebuah prakarsa perubahan dalam bentuk rencana program/kegiatan yang memanfaatkan model manajemen perubahan BAGJA dalam rangka menggalang dukungan, mengarahkan proses dialog, dan mendorong kolaborasi bersama murid, guru, kepala sekolah, atau anggota lain dalam komunitas sekolahnya.
DASAR FILOSOFI KHD
Maksud pengajaran dan pendidikan yang berguna untuk perikehidupan bersama adalah memerdekakan manusia sebagai anggota persatuan (rakyat).
POIN/KOMPONEN PROFIL PELAJAR PANCASILA YANG DIKEMBANGKAN
Mampu bergotong royong. Kepemimpinan murid memungkinkan murid untuk terlibat dan berinteraksi dengan orang lain, bekerjasama dan berkontribusi dalam masyarakat yang lebih luas.
Kreatif, karena murid dapat melaksanakan program market day dengan baik.
KARAKTERISTIK LINGKUNGAN PENDUKUNG TUMBUHNYA KEPEMIMPINAN MURID YANG AKAN DIKEMBANGKAN
Lingkungan yang melatih ketrampilan yang dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun non akademik.
PRAKARSA PERUBAHAN
Program Proyek Market Day (Kolaborasi pembelajaran pada Tema 5 kelas 6 )
Model BAGJA
TAHAPAN
B-uat pertanyaan utama (Define)
PERTANYAAN
Bagaimana kita dapat meningkatkan team work antar murid, kreatifitas dan peningkatan kewirausahaan yang merupakan ketrampilan yang sangat diperlukan murid untuk pencapaian tujuan akademik dan non akademik?
TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN
Diskusi bersama dengan teman sejawat untuk membuat proyek kolaborasi pembelajaran kewirausahaan yang didalamnya memuat kompetensi dasar pada pelajaran tersebut.
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID
Melakukan diskusi murid dalam kelompok dan tiap kelompok mempresentasikan rencana pelaksanaan market day.
Memberikan kesempatan kepada murid untuk memilih materi dan bahan yang akan mereka buat dan jual sesuai keinginan dan kebutuhan.
Meminta murid untuk memunculkan ide barang yang akan dijual sebagai bagian dari perangsang semangat siswa dalam berkreasi.
ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI
Murid-murid dan rekan guru bisa saling berkolaborasi.
A-mbil pelajaran (Discover)
PERTANYAAN
Aktivitas apa saja yang dapat meningkatkan team work antar murid?
Ketrampilan apa yang harus dikuasai murid untuk mencapai tujuan akademik atau non akademik?
Apakah kreativitas kewirausahaan sangat diperlukan oleh murid-murid kita untuk jenjang pendidikan selanjutnya?
TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN
Pembentukan kelompok secara adil sehingga diusahakan semua murid dapat bekerja dalam kelompok (team work yang baik)
Ketrampilan kewirausahaan dan komunikasi. Keterampilan ini sangat diperlukan untuk bekal anak, utamanya dalam bidang kewirausahaan beserta pengelolaannya.
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID
Melibatkan murid dalam perencanaan pembelajaran.
Melatih murid untuk bisa berkolaborasi antara kewirausahaan dan membangun komunikasi yang baik dalam proses kegiatan market day.
ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI
Barang yang menarik dan bermanfaat
Kolaborasi siswa dbn guru
Meja dan perangkat pendukungnya
Uang sebagai tanda pembayaran yang sah
G-ali mimpi (Dream)
PERTANYAAN
Seperti apa bentuk kegiatan untuk menumbuhkan kewirausahaan pada murid?
Dampak positif yang akan didapatkan jika program ini terwujud dan berjalan baik?
TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN
Mengadakan presentasi dan diskusi rencana pelaksanaan market day yang melihat semua murid.
Murid menjadi bisa bekerja dalam tim (team work) dan murid mempunyai kemampuan ketrampilan kreativits dalam pengelolaan dan pengembangan kewirausahaan yang baik dan bisa digunakan pada pendidikan selanjutnya.
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID
Memilih dan menentukan tema market day.
Membuat skenario pelaksanaan market day.
Keberhasilan proyek kolaborasi bisa menjadi inspirasi pembelajaran bagi rekan Guru di sekolah lain
ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI
Barang yang menarik dan bermanfaat
Kolaborasi siswa dbn guru
Meja dan perangkat pendukungnya
Uang sebagai tanda pembayaran yang sah
Buku paket
Video Youtube
J-abarkan rencana (Design)
PERTANYAAN
Apa yang dilakukan oleh siswa dan guru dalam proyek kolaborasi terkait kewirausahaan ini?
Apakah tujuan capaian yang akan diraih dalam pelaksanaan program proyek kewirausahaan ini?
TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN
Siswa dan guru bersama-sama untuk menentukan langkah pelaksanaan proyek market day di sekolah. Mulai dari waktu, keterlibatan siswa, dan tempat/lokasinya.
Adapun tujuan dari kegiatan kewirausahaan ini untuk membantu siswa agar cakap dalam berwirausaha dan meningkatkan kompetensi dalam publik speaking. Hal ini bisa kita lihat ketika anak-anak menawarkan barang dagangannya.
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID
Memilih dan menentukan barang atas usahanya
Membuat skenario kegiatan market day.
Pelibatan siswa, guru, dan masyarakat.
ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI
Barang yang menarik dan bermanfaat
Kolaborasi siswa dbn guru
Meja dan perangkat pendukungnya
Uang sebagai tanda pembayaran yang sah
Buku paket
Video Youtube
A-tur eksekusi (Deliver)
PERTANYAAN
Siapa yang menentukan pemilihan sub materi kewirausahaan?
Bagaimana supaya semua murid mempunyai ketrampilan kewirausahaan?
TINDAKAN YANG DIPERLUKAN UNTUK MENDAPATKAN JAWABAN
Yang menetukan tema besar adalah Guru, tapi untuk pemilihan sub materi diserahkan kepada murid.
Semua murid wajib belajar kewirausahaan, karena sangat bermanfaat untuk jenjang selanjutnya.
RENCANA UNTUK MELIBATKAN SUARA/PILIHAN/KEPEMILIKAN MURID
Menyediakan ruang diskusi untuk semua murid agar dapat menggunakan kreatifitas digital.
Memberikan pengetahuan tentang kreatifitas digital
ASET/KEKUATAN/SUMBERDAYA YANG DAPAT DIBERDAYAKAN PADA TAHAP INI
Barang yang menarik dan bermanfaat
Kolaborasi siswa dengan guru
Meja dan perangkat pendukungnya
Uang sebagai tanda pembayaran yang sah
Buku paket
Video Youtube.
Demikian pemaparan tugas demonstrasi kontekstual - Pengelolaan program yang berdampak pada murid. Mudah- mudahan dapat menginspirasi. Salam Guru Penggerak.
Berlangganan Artikel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar